Think Again! It’s not about sex.

Beberapa hari yang lalu, saya diceritakan oleh istri saya tentang seorang perempuan Katolik yang sudah menikah, tetapi sudah tidak satu rumah lagi dengan suaminya yang bukan Katolik (belum bercerai) yang sampai sekarang ini masih harus menghidupi kedua putera dan puterinya.

Sedih… Iya, saya sedih mendengar berita itu, terlepas dari pertanyaan apakah mereka menikah secara Katolik (dalam hal ini menerima Sakramen Perkawinan) atau tidak, dan apakah ada masalah dalam keluarga mereka (suami dan istri) atau tidak.

Selama ini sih, saya juga banyak mendengar berita tentang masalah perkawinan dan keluarga, yang mengejutkan saya adalah kebanyakan dari mereka adalah perempuan Katolik, baik menikah secara Katolik (Sakramen Perkawinan) atau tidak.

Baiklah, saya cuma ingin mengingatkan kembali bahwa Perkawinan Katolik bukanlah semata-mata tentang sex dan love. It’s more than it…. It is about life, love, and commitment

  1. Life – Perkawinan adalah tentang kehidupan. Bukan hanya kehidupanmu saja sebagai individu, tetapi juga kehidupan pasanganmu dan anak-anakmu. Think Again! Sebelum melangkah ke Perkawinan Katolik. Karena itu Gereja Katolik dan Hukum Perkawinan Katolik tidak mengijinkan adanya perceraian.
  2. Love – Bukan semata-mata cinta yang mudah diucapkan atau perasaan sayang sesaat. Think Again! Ini adalah cinta yang sesungguhnya, yang bisa menerima segala kelebihan dan kekurangan pasanganmu. You live with her/him for all your whole life.
  3. Commitment – Apa terjemahannya, ya? Kalo menurut English thesaurus adalah promise, dedication, dan obligation. So, commitment ini berarti tentang janji, dedikasi (atau lebih jelasnya adalah kesetiaan), dan obligasi (lebih kepada ikatan dan tanggung jawab). Nah ini nih… You have to Think Again! ¬†Please do not break your commitment. Karena komitmen tersebut kita ucapkan di hadapan para saksi/umat, diteguhkan oleh Imam, dan kita amin-kan dalam nama Bapa.

Ada satu situs Katolik yang berbahasa Indonesia yang membahas seputar masalah Perkawinan Katolik dan banyak juga membahas Kanon-Kanon Perkawinan Katolik, sekaligus Tanya Jawab tentang Perkawinan Katolik, berikut ini adalah link-link yang saya rasa patut dibaca (silahkan diklik link tersebut dibawah ini);

  1. Indahnya dan Dalamnya Makna Sakramen Perkawinan Katolik.
  2. Perkawinan in fieri dan in facto esse.
  3. Martabat Mempelai (Instruksi Dignitas Connubii).

Semoga bermanfaat dalam menambah informasi dan pengetahuan seputar Perkawinan Katolik.

Pax in Christi

kwil3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: